Cari Blog Ini

English French German Spain Italian Dutch

Russian Brazil Japanese Korean Arabic Chinese Simplified
Translate Widget by Google
Selamat Datang di TENUN ANGEL............Diminta kepada seluruh pengunjung TENUN ANGEL, untuk mendafar di kedua Banner dibawah ini, karena anda akan dibawar oleh mereka

TENUN ANGEL

↑ Grab this Headline Animator

Video Proses Pembuatan Ulos

TENUN ANGEL dan PKBM MEKAR SARI

PKBM (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ) adalah sebuah program dari Pemerintah yang secara khusus dibawah Naungan Dinas Pendidikan dengan program utamanya adalah untuk mengentaskan buta huruf bagi masyarakat yang tidak memungkinkan lagi untuk masuk kebangku sekolah. Dalam program tersebut, selain diberikan pembelajaran aksara, masyarakat juga diberikan pembelajaran ketrampilan diri, yang menjadikan masyarakat lebih produktif dan tidak menjadi masyarakat yang menganggur.
Tenun Angel, yang basicnya memporduksi ulos, mencoba menjajaki hubungan kerjasama dengan PKBM Mekar Sari yang dipimpin oleh Damayanti. Setelah melakukan nego-nego yang simple tapi rumit, hubungan kerjasama tersebutpun terjalin dan membuahkan beberapa kesepakatan.
Program pertama adalah memberikan pembelajaran gratis kepada masyarakat yang ingin belajar tentang Tenun. Program tersebut telah terlaksana dan berjalan sesuai dengan rencana, dan telah mencetak puluhan para Tenuner-tenuner yang handal dan produktiv.
Pada masa-masa pembelajaran tersebut, PKBM bersama TENUN ANGEL mencoba memasukkan Proposal kepada Pemerintah, dengan tujuan utamanya adalah untuk membiayai dan mengembangkan program Pembelajaran dan Produksi Ulos dari Tenun Angel. Setelah Segala administrasi dan kelengkapannya telah deselesaikan dan diserahkan kepada Pemerintah, Tenun Angelpun mendapat kesempatan diSurvey langsung dari Pemprovsu, dan angin segar itupun berhembus ditelinga, bahwa dana proposalnya akan segera cair.
Tetapi dan tetapi, sebelum dana proposalnya cair, Tenun Angel mengendus sebuah taktik ataupun politik sega-sega ( baca:rusak ) dari pengurus PKBM Mekar Sari, yang mengatakan bahwa Tenun Angel hanyalah sabuah sarana dan umpan untuk mendapatkan Dana proposal tersebut. Jika dana proposal tersebut telah cair, Tenun Angel akan tetap sebuah Tenun Angel yang mini, dana tersebut akan mereka gunakan sendiri.
Setelah mengkonfirmasi isu tersebut, maka Tenun Angelpun mengambil sikap yang tegas, yaitu dengan membatalkan proposal yang sudah mendapat survey terbut dan memutuskan hubungan dengan PKBM Mekar Sari.
Dari waktu terebut hingga saat ini, Tenun Angel berdikari sendiri dan independet, tidak tertarik lagi dengan ikatan kerjasama yang seperti tersebut diatas. Dalam kesendiriannya, Tenun Angel telah membuat proposal sendiri dan telah mendapat bantuan dari Dinas Prindustrian dan Perdagangan Serdang Bedagai. Terimakasih Disperindagkop Sergei.
Key: Tenun Angel dan PKBM Mekar Sari, Tenun Angel dan PKBM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar